KEKERASAN TERHADAP PEMBANTU RUMAH TANGGA

Beberapa kisah mengenai masih banyaknya terjadi kekerasan terhadap Pembantu Rumah Tangga (PRT),dihimpun dari berbagai Sumber

    GABUNG HARI INI BERSAMA SEKOLAH INTERNET MARKETING TERBESAR DI INDONESIA

    DAPATKAN DISCOUNT 25% UNTUK BULAN PERTAMA

    _______________________________________________________________________

Kamis, 09 Agustus 2007

Ceriyati Memilih Kabur dari Apartemen


Tidak tahan dengan perlakuan kasar yang diterima dari majikan, Ceriyati binti Dapin (34) nekat melarikan diri melalui jendela. Ia turun meluncur dari Lantai 15 Apartemen Tamarind Sentul, Kuala Lumpur, Minggu (17/6) pukul sebelas siang.

Ia hanya berpegangan pada tali yang dia susun dari potongan-potongan pakaian yang dia rangkai kembali menjadi tali peluncur itu. Namun, ketika berada di posisi lantai 12, ia gamang karena jalan ke bawah masih terlalu jauh dan riskan. Ia pun bergeming di posisi yang sama dan berhenti sesaat.

The New Straits Times, Minggu, memberitakan penghuni di lantai 12 kebetulan melihat seseorang sedang menggelayut dalam posisi bahaya. "Penyelamat" itu segera menelepon petugas pemadam kebakaran. Setibanya di lokasi kejadian, petugas pemadam kebakaran menggelar bantalan empuk di tanah, siapa tahu Ceriyati terjatuh. Untunglah Ceriyati bisa bertahan dan petugas kemudian menyelamatkannya dari lantai 12 itu.

Ceriyati yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga dan berasal dari Brebes, Jawa Tengah, itu menggemparkan Malaysia. Media massa memuat foto-foto ketika tim Bomba, regu pemadam kebakaran dan penyelamatan Malaysia, sedang menyelamatkan Ceriyati.
Nama aslinya adalah Ceriyati, tetapi disebut di beberapa media Malaysia sebagai Shamelin yang berasal dari Palembang.

Ceriyati, yang bermuka memar karena siksaan fisik, terpaksa keluar dari jendela. Masalahnya pintu utama apartemen dikunci dari luar oleh majikannya. Ceriyati mengaku tidak menduga ketinggian apartemen tempatnya bekerja. Karena itu, Ceriyati takut dan ngeri setelah berhasil melalui tiga lantai apartemen.
"Saya berhenti di lantai 12 dan saya langsung takut setelah saya melihat ke bawah. Ternyata tempatnya tinggi sekali. Jauh sekali di bawah," tutur Ceriyati seperti dikutip The New Straits Times. Ketika melarikan diri, majikan Ceriyati sedang tidak ada di rumah.

Saat ini Ceriyati ada di Kedutaan Besar RI (KBRI) di Kuala Lumpur. Wakil Dubes RI untuk Malaysia AM Fachir, Atase Tenaga Kerja Teguh H Cahyono, dan Kepala Satuan Tugas Perlindungan dan Pelayanan WNI Tatang B Razak sudah bertemu dan berdialog dengan Ceriyati.
Ceriyati terpaksa melarikan diri karena tidak tahan disiksa majikan. Sejak mulai bekerja lima bulan lalu Ceriyati sudah memperoleh perlakuan kasar. "Jika saya melakukan kesalahan, majikan tidak akan memberi saya makan. Dia (majikan) sering menyakiti saya dengan memukuli berulang kali. Setiap kali majikan saya pergi, pintu selalu dikunci dari luar," tutur Ceriyati.

Ceriyati bercerita dia mulai bekerja setiap hari pukul enam pagi sampai pukul dua keesokan harinya. "Saya hanya diberi makan sekali sehari. Saya selalu disuruh bekerja di rumah dan juga membereskan pekerjaan majikan perempuan yang bekerja sebagai broker real estat. Pekerjaan rumah tangga sih selalu beres, tetapi pekerjaan di perusahaannya yang sering membuat majikan perempuan selalu memukul saya," ungkap Ceriyati.

Bukan hanya itu. Ceriyati juga mengaku dilarang beribadah. Dilarang keluar dari apartemen. Ceriyati juga disuruh tidur di lantai. "Karena disakiti dan dipukul terus, saya nekat kabur," kata Ceriyati.
Karena sering dipukuli, tubuh Ceriyati penuh luka, seperti bengkak di dahi, leher sebelah kanan, dan luka-luka di tangan. Ceriyati langsung dibawa ke rumah sakit untuk pengobatan dan perawatan. Setelah itu, ia dibawa ke kantor polisi Sentul untuk dimintai keterangan.

Majikan bernama Tsen Saat dimintai keterangan polisi, majikan laki-laki Ceriyati yang bernama Michael Tsen sudah berada di kantor polisi. Saat ini Ceriyati dirawat di penginapan agen penyalur tenaga kerja Malaysia. Istri Tsen bernama Ivone Siew.

Selama lima bulan bekerja, Ceriyati juga belum menerima gaji. Ini merupakan pengalaman pertama Ceriyati bekerja sebagai pembantu di luar negeri. Dia mempunyai suami bernama Ridwan dan dua anak yang saat ini masih tinggal di Brebes.

Namun, setelah terjadi peristiwa ini, Ceriyati enggan kembali ke Indonesia sebelum membawa uang hasil bekerja selama ini. Dia dikirim ke Malaysia melalui agen Indonesia, PT Sumber Kencana Sejahtera. Agen di Malaysia yang menampungnya adalah Kemas Cerah Bhd.

Menurut Atase Tenaga Kerja KBRI Teguh H Cahyono, majikan dan agen Malaysia akan datang ke KBRI Senin pagi untuk membicarakan persoalan ini. Wakil Dubes AM Fachir mengatakan akan berkonsultasi dengan pengacara KBRI, lalu memberikan opsi kepada korban.

Selama ini Malaysia membutuhkan banyak tenaga asing—terutama dari Indonesia—yang sebagian besar dipekerjakan di sektor informal.
Berbagai pihak menilai undang-undang perburuhan di Malaysia tidak jelas sehingga tidak dapat memberikan perlindungan yang memadai bagi tenaga kerja asing. Tenaga kerja asing yang bekerja sebagai pembantu biasanya bekerja dengan jam kerja yang panjang dan tidak jelas. Upahnya hanya 100 dollar AS per bulan.

Lebih dari 300.000 warga asal Indonesia bekerja sebagai pembantu di Malaysia. Menurut keterangan Pemerintah Malaysia, sedikitnya ada 1.200 pembantu rumah tangga asal Indonesia yang melarikan diri setiap bulan.

Mereka sebagian besar melarikan diri dengan alasan memperoleh perlakuan kasar, tidak kerasan dengan jam kerja tanpa batas, tidak kerasan karena tidak bisa bebas bergerak atau tidak mendapat upah yang memadai.

Ceriyati jelas bukan korban satu-satunya atau yang pertama. Ceriyati juga bisa dipastikan tidak akan menjadi korban yang terakhir karena minimnya perlindungan terhadap pembantu.

Ceriyati datang dengan harapan memperoleh sedikit uang untuk membantu keluarga. Namun, dengan kejadian ini, pupus sudah impian dan harapan Ceriyati untuk membahagiakan suami dan dua anaknya. "Sekarang saya hanya ingin pulang saja ke rumah," kata Ceriyati dengan suara lirih. (AFP/AP/ANTARA/LUK)

Sumber : Luki Aulia
http://www.kompas.com/kompas-cetak/0706/18/utama/3617709.htm

Selengkapnya!

5 Komentar:

Pada 17 Mei 2017 09.55 , Blogger Ibu Nurhayti mengatakan...

aslamu alaikum wr wb..
bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.danainstan.xtgem.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.danainstan.xtgem.com atau KLIK DISINI

















































































































 
Pada 10 September 2017 07.47 , Blogger PAK SUKIMAN mengatakan...

Maaf jika lewat pasan ini saya publikasikan dan sampaikan kisah sukses saya.
saya seorang TKI DI MALAYSIA
pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos
sempat saya putus asa apalagi dengan keadaan susah
gaji istri saya itupun buat makan sehari2. sedangkan hutang banyak
kebetulan istri saya buka-buka internet Dan mendapatkan
nomor MBAH KASSENG (0853-4288-2547) katanya bisa bantu orang melunasi hutang
melalui jalan TOGEL dan dengan keadaan susah, terpaksa saya
hubungi dan minta angka bocoran Toto/malaysia
angka yang di berikan waktu itu 4D 
ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 269.jt Oleh Karna itu saya posting no HP MBAH KASSENG ini supaya saudarah-saudara ku di indonesia maupun di luar negri yang sangat kesulitan masalah ekonomi (kesusahan) jangan anda putus asa. Karna jalan masih panjang yang penting anda tdk malu atau takut menghubungi MBAH KASSENG. Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari mbah AMIN.
MBAH KASSENG
NO: 0853-4288-2547 / +6285-342-882-547
..

 
Pada 18 September 2017 18.55 , Blogger Unknown mengatakan...

sekedar info sobat Buat yang berada di perantauan Yang Butuh Modal Usaha Atau Punya Utang Banyak,Minat Lewat Pesugihan Tanpa Tumbal Di jamin Aman Dunia Akhirat (Halal) ,telpon saja AKI CAKRAWALA.
(((PESUGIHAN PUTIH UANG NYATA DARI ALAM GAIB DAN NIKAH SIRIH WANITA CANTIK JIN MUSLIM)))
Pengajar: AKI CAKRAWALA
Hp. 082314347999
Pesantren al-hikmah
Besuki-situbondo-jawa timur.
Jika anda mau ritual dirumah tanpa datang kepesantren.
Syarat -syarat.
-beli kain putih dan semprot dengan parfum.maka jin wanita akan siap membawa uang milyaran atau ratusan juta.
—PESUGIHAN PUTIH DANA BAROKAH.AMAN DUNIA AKHIRAT TANPA TUMBAL.
Cukup anda menyembelih hewan kambing sbg sesajen putih.anda akan dibawakan uang melimpah sama jin muslim.
-NIKAH SIRIH SAMA WANITA MENAWAN SAMA JIN MUSLIM.
Dengan menikahi jin muslim anda akan dibantu mencari perantara uang cepat kilat dan jin ini bisa berubah wujud desuai yang diinginkan sang suami/bisa seperti artis idola.
(( Jika kambing dapat uang seratus juta dan jika sapi akan dapat 1-5 milyar lebih))
Buktikan dan kami yakin anda akan bisa dan akan dapat uang melimpah dalam satu malam .
Ini nyata dan terbukti.silahkan anda ritual malam ini dengan bimbingan jarak jauh via telpon di :
082314347999
Pengajar:AKI CAKRAWALA
Hp. 082314347999

 
Pada 18 September 2017 18.56 , Blogger Unknown mengatakan...

sekedar info sobat Buat yang berada di perantauan Yang Butuh Modal Usaha Atau Punya Utang Banyak,Minat Lewat Pesugihan Tanpa Tumbal Di jamin Aman Dunia Akhirat (Halal) ,telpon saja AKI CAKRAWALA.
(((PESUGIHAN PUTIH UANG NYATA DARI ALAM GAIB DAN NIKAH SIRIH WANITA CANTIK JIN MUSLIM)))
Pengajar: AKI CAKRAWALA
Hp. 082314347999
Pesantren al-hikmah
Besuki-situbondo-jawa timur.
Jika anda mau ritual dirumah tanpa datang kepesantren.
Syarat -syarat.
-beli kain putih dan semprot dengan parfum.maka jin wanita akan siap membawa uang milyaran atau ratusan juta.
—PESUGIHAN PUTIH DANA BAROKAH.AMAN DUNIA AKHIRAT TANPA TUMBAL.
Cukup anda menyembelih hewan kambing sbg sesajen putih.anda akan dibawakan uang melimpah sama jin muslim.
-NIKAH SIRIH SAMA WANITA MENAWAN SAMA JIN MUSLIM.
Dengan menikahi jin muslim anda akan dibantu mencari perantara uang cepat kilat dan jin ini bisa berubah wujud desuai yang diinginkan sang suami/bisa seperti artis idola.
(( Jika kambing dapat uang seratus juta dan jika sapi akan dapat 1-5 milyar lebih))
Buktikan dan kami yakin anda akan bisa dan akan dapat uang melimpah dalam satu malam .
Ini nyata dan terbukti.silahkan anda ritual malam ini dengan bimbingan jarak jauh via telpon di :
082314347999
Pengajar:AKI CAKRAWALA
Hp. 082314347999

 
Pada 10 April 2018 08.37 , Blogger Novi Triyanti mengatakan...

Sy tidak tau apa ini cara kebetulan saja atau gimana. Yg jelas sy berani sumpah kalau sy berbohon. Kebetulan saja buka internet dpt nomer ini +6282354640471 Awalnya memang takut hubungi nomer trsbut. Setelah baca-baca artikel nya. ada nama Mbah Suro katanya sih.. bisa bantu orang mengatasi semua masalah nya. baik jalan Pesugihan maupun melalui anka nomer togel. Setelah dengar arahan nya bukan jg larangan agama atau jlan sesat. Tergantung dri keyakinan dan kepercayaan sja. Syukur Alhamdulillah benar2 sudah terbukti sekarang.

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

KEMBALI >>>