KEKERASAN TERHADAP PEMBANTU RUMAH TANGGA

Beberapa kisah mengenai masih banyaknya terjadi kekerasan terhadap Pembantu Rumah Tangga (PRT),dihimpun dari berbagai Sumber

    GABUNG HARI INI BERSAMA SEKOLAH INTERNET MARKETING TERBESAR DI INDONESIA

    DAPATKAN DISCOUNT 25% UNTUK BULAN PERTAMA

    _______________________________________________________________________

Kamis, 09 Agustus 2007

Lagi, TKI lari dari Penyiksaan Majikan di Malaysia


KUALA LUMPUR - Kasus penganiayaan terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia kembali terulang. Penganiayaan kali ini menimpa Rumiati, 23, warga Brebes, Jawa Tengah, daerah yang kebetulan juga tempat asal Ceriyati, TKI teraniaya yang kabur dari lantai 13 apartemen majikannya.

Rumiati mengaku kabur dari rumah sang majikan karena tak kuat selama dua bulan dianiaya dengan bermacam cara. Kasus itu ditangani Polis Diraja Malaysia (PDM). Majikan Rumiati yang diketahui bernama Kim Yem, 37, sedang diperiksa penyidik polisi bagian Brickfield Kuala Lumpur.

Saat ditemui di Kantor Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur kemarin sore (1/8), luka Rumiati akibat deraan majikan masih terlihat jelas. Bagian kaki hingga kepala gadis berambut pendek itu terluka cukup parah.

Kedua kakinya membiru. Punggungnya dipenuhi bekas luka dan lebam-lebam. Begitu juga dada dan wajahnya. Dua bagian tubuh itu tampak membiru dan bengkak. "Ini akibat dipukuli pakai batu, rotan, dan tangan," cerita Rumiati sambil meringis menahan sakit.

Rumiati menceritakan, dirinya tiba di Malaysia dua bulan lalu. Dia disponsori sebuah perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) bernama PT Bina Insani. Di Malaysia, dia dijanjikan gaji RM 450 (sekitar Rp 1.125.000) setiap bulan sebagai pembantu rumah tangga.

Di rumah sang majikan di Jalan Desa Bahagia Nomor 42 Kuala Lumpur, Rumiati bukan satu-satunya pembantu asal Indonesia. "Ada teman saya asal Palembang. Namanya Misnah. Dia mengaku sudah satu tahun lebih bekerja sebagai pembantu," ujarnya.

Awal bekerja, Rumiati tak langsung jadi sansak hidup sang majikan. Dia baru merasakan pukulan dan penganiayaan model lain setelah seminggu bekerja. "Saya tidak ingat alasan majikan menganiaya saya. Yang pasti, setelah seminggu, saya mulai disiksa," tuturnya.

Sejak itu, Rumiati dicambuk dengan menggunakan rotan oleh Kim. "Telat sedikit saat disuruh ambil sesuatu, saya langsung dipukuli. Kadang dicambuk. Sekali menganiaya, majikan saya bisa melepaskan 50 kali pukulan atau cambukan," ungkap Rumiati.

Model penyiksaan yang dianggap paling sakit oleh Rumiati ketika sang majikan menghantamkan batu dan kunci mobil ke wajahnya. "Sakitnya bukan main. Rasanya mau pingsan saja saking tak kuat menahan sakit," lanjut Rumiati sambil menunjukkan luka di wajahnya.

Dia menambahkan, penganiayaan itu dilakukan berkali-kali dalam sehari. "Kadang pagi dipukuli, malam dipukuli lagi. Saya juga pernah disuruh berbaring di lantai dalam keadaan telungkup. Kemudian, leher saya diinjak. Kepala saya juga sering dibenturkan tembok. Dada saya diremas dengan keras, lalu dipukul," kata Rumiati lirih.

Saat meganiaya Rumiati, Yim selalu "mengurung" tiga anaknya yang masih kecil di kamar depan. "Kemudian, saya dianiaya di kamar belakang. Dia tidak ingin anaknya tahu," jelasnya.

Suatu hari, salah seorang anak sang majikan menyaksikan langsung ibu kandungnya menganiaya pembantu malang tersebut. "Dia bilang, ibu jangan pukul kakak. Kasihan…," ucap Rumiati menirukan ucapan anak majikannya itu.

Tak hanya dianiaya, selama dua bulan bekerja sebagai pembantu, Rumiati juga tidak memperoleh hak-haknya. Dia tidak pernah digaji. "Kadang, saya tidak diberi makan karena dihukum majikan," katanya.

Rumiati akhirnya berpikir untuk kabur. Dia melaksanakan niatnya itu pada Senin siang (30/7). Ketika sang majikan keluar rumah untuk menjemput anaknya sekolah, Rumiati kabur. "Saya bertemu orang di depan rumah. Saya minta tolong dia diantarkan ke kantor polisi. Ternyata, orang itu adalah mantan polisi. Akhirnya, saya diantarkan ke kantor polisi," akunya.

Setelah membuat laporan, kata Rumiati, polisi langsung menangani kasus itu. Bahkan, kemarin pagi (1/8), Yim langsung ditangkap dan dibawa ke kantor polisi. "Tadi pagi (kemarin pagi) sekitar pukul 04.30, saya diajak ke rumah majikan. Dia langsung ditangkap. Setelah itu, saya diantarkan ke KBRI," ungkapnya.

Sekretaris Ketiga Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Kuala Lumpur Eka A. Suripto saat dikonfirmasi mengatakan, KBRI akan mendampingi Rumiati untuk menempuh proses hukum dalam kasus itu. "Seperti kasus sebelumnya, kami akan terus mendampingi jangan sampai hak-hak warga negara dilanggar," kata Eka.

Penganiayaan terhadap TKI yang bekerja sebagai PRT (pembantu rumah tangga) di Malaysia itu merupakan kali kesekian. Kasus yang pernah menjadi sorotan internasional adalah penganiayaan terhadap Nirmala Bonet, PRT asal Kupang, NTT. Hingga kini, kasus itu masih dalam proses persidangan di Mahkamah Tinggi Kuala Lumpur.

Kasus sama yang juga menyita perhatian adalah Ceriyati, pembantu yang nekat kabur dari lantai 13 apartemen majikannya, karena tak kuat disiksa sang majikan. Kasus tersebut masih dalam proses penyidikan di kepolisian.

Kamis, 02 Agustus 2007
Sumber : admins
http://jatim.polri.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=489&Itemid=146

Selengkapnya!

2 Komentar:

Pada 18 September 2017 18.57 , Blogger Unknown mengatakan...

sekedar info sobat Buat yang berada di perantauan Yang Butuh Modal Usaha Atau Punya Utang Banyak,Minat Lewat Pesugihan Tanpa Tumbal Di jamin Aman Dunia Akhirat (Halal) ,telpon saja AKI CAKRAWALA.
(((PESUGIHAN PUTIH UANG NYATA DARI ALAM GAIB DAN NIKAH SIRIH WANITA CANTIK JIN MUSLIM)))
Pengajar: AKI CAKRAWALA
Hp. 082314347999
Pesantren al-hikmah
Besuki-situbondo-jawa timur.
Jika anda mau ritual dirumah tanpa datang kepesantren.
Syarat -syarat.
-beli kain putih dan semprot dengan parfum.maka jin wanita akan siap membawa uang milyaran atau ratusan juta.
—PESUGIHAN PUTIH DANA BAROKAH.AMAN DUNIA AKHIRAT TANPA TUMBAL.
Cukup anda menyembelih hewan kambing sbg sesajen putih.anda akan dibawakan uang melimpah sama jin muslim.
-NIKAH SIRIH SAMA WANITA MENAWAN SAMA JIN MUSLIM.
Dengan menikahi jin muslim anda akan dibantu mencari perantara uang cepat kilat dan jin ini bisa berubah wujud desuai yang diinginkan sang suami/bisa seperti artis idola.
(( Jika kambing dapat uang seratus juta dan jika sapi akan dapat 1-5 milyar lebih))
Buktikan dan kami yakin anda akan bisa dan akan dapat uang melimpah dalam satu malam .
Ini nyata dan terbukti.silahkan anda ritual malam ini dengan bimbingan jarak jauh via telpon di :
082314347999
Pengajar:AKI CAKRAWALA
Hp. 082314347999

 
Pada 10 April 2018 08.37 , Blogger Novi Triyanti mengatakan...

Sy tidak tau apa ini cara kebetulan saja atau gimana. Yg jelas sy berani sumpah kalau sy berbohon. Kebetulan saja buka internet dpt nomer ini +6282354640471 Awalnya memang takut hubungi nomer trsbut. Setelah baca-baca artikel nya. ada nama Mbah Suro katanya sih.. bisa bantu orang mengatasi semua masalah nya. baik jalan Pesugihan maupun melalui anka nomer togel. Setelah dengar arahan nya bukan jg larangan agama atau jlan sesat. Tergantung dri keyakinan dan kepercayaan sja. Syukur Alhamdulillah benar2 sudah terbukti sekarang.

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

KEMBALI >>>